RSUK

Hipertensi

Hipertensi

Lusi Setiyawati | Senin, 24 September 2018 - 08:50:09 WIB | dibaca: 19 pembaca

Hipertensi ..?

Hipertensi atau kondisi tekanan darah tinggi selalu erat kaitannya dengan komplikasi penyakit kardiovaskular. Salah satu penyakit kardiovaskular adalah gagal jantung, Gagal jantung merupakan kondisi dimana jantung kita tak mampu untuk menyediakan suplai darah yang cukup ke tubuh, dan butuh bertahun-tahun untuk dapat berkembang di dalam tubuh kita. Penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah yang disebabkan oleh hipertensi dapat meningkatkan risiko timbulnya gagal jantung. Arteri yang menyempit menjadi kurang elastis dan membuat darah makan sulit untuk mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh, sehingga membuat jantungmu bekerja ekstra.

Menurut dr. Martha Nurani Putri ,selaku Manajer Pelayanan Medis RSU Kaliwates, Ada 2 faktor utama penyebab penyakit jantung hipertensi yaitu penebalan ateriol koroner yaitu bagian dari hipertrofi  umum otot polos pembuluh darah resistensi arteriol ( arteriolus resistance vessels ) seluruh badan kemudian terjadi retensi garam dan air yang mengakibatkan berkurangnya compliance pembuluh ini dan meningkatnya tahanan perifer.

Faktor kedua peningkatan hipertrofi mengakibatkan berkurangnnya kepadatan kapiler per unit otot jantung bila timbul hipertrofi eksentrik, peningkatan jarak disfusi antara kapiler dan serat otot yang hipertrofi menjadi faktor utama pada stadium lanjut dari gambaran hemodinamik. Untuk mengatasi beban tersebut, otot-otot pada jantung akan menebal dan

 

semakin lebar. Walau masih dapat memompa darah, namun akan menjadi kurang efisien karena makin besar jantung, makin sulit untuk memberikan kebutuhan tubuh akan oksigen dan nutrisi. Selain gagal jantung,  penebalan otot jantung tersebut juga dapat mengakibatkan komplikasi lainnya seperti aritmia (denyut jantung tak teratur), serangan jantung, penyakit jantung iskemik (jantung tak dapat cukup oksigen), henti jantung, stroke, dan bahkan menyebabkan mati mendadak. Pengobatan ditujukan untuk menurunkan tekanan darah menjadi normal mengobati payah jantung karena hipertensi, mengurangi morbiditas dan mortalitas terhadap penyakit kardiovaskuler dan menurunkan faktor resiko terhadap penyakit kardiovaskuler semaksimal mungkin. Untuk menurunkan tekanan darah dapat ditinjau dari 3 faktor fisiologis yaitu menurunkan isi cairan intra vaskuler dan Na darah dengan diuretic, menurunkan aktivitas susunan saraf simpatis dan respons kardiovaskuler terhadap rangsangan adrenergik dengan obat dari golongan anti simpatis dan menurunkan tahan perifer dengan obat vasodilator.

Bila ada keluhan atau ingin konsultasi tentang penyakit yang diderita di daerah jantung, segera hubungi Poli Spesialis RSU Kaliwates Jember di nomor (0331) 483309 atau  pendaftaran   on-line melalui whatsapp di nomer 0821-4109-1945.

 


Video Terkait:










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)