LAYANAN BARU TES ALERGI

SHARE

YUK KENALI ALERGI !

Alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap zat atau benda yang sebenarnya tidak berbahaya. Reaksi tersebut dapat berupa gejala ringan, seperti bersin, pilek, atau hidung tersumbat, sampai gejala berat yang mengancam nyawa, yaitu anafilaksis.

Jenis Zat Penyebab Alergi (Alergen)

Ada tiga jenis alergen yang umum menyebabkan alergi, yaitu:

Alergen hirup

Alergen hirup adalah jenis alergen yang memicu reaksi alergi ketika masuk ke hidung, tenggorokan, atau paru-paru. Alergen jenis ini antara lain debu, serbuk sari, dan bulu binatang.

Alergen kontak

Jenis alergen ini memicu reaksi alergi pada tubuh ketika berinteraksi dengan kulit. Beberapa contoh alergen kontak adalah nikel, pewangi pada sabun atau parfum, dan bahan kimia, seperti lateks.

Alergen saluran cerna

Alergen saluran cerna adalah alergen yang memicu reaksi alergi ketika masuk ke dalam sistem pencernaan. Alergen ini umumnya terdapat pada makanan, seperti kacang-kacangan, makanan laut, dan kedelai. Obat-obatan tertentu, seperti antibiotik penisilin dan sulfonamida, juga termasuk alergen saluran cerna

Indikasi Tes Alergi

Dokter akan menyarankan tes alergi pada orang yang mengalami gejala berikut:

  • Bersin-bersin
  • Pilek atau hidung tersumbat
  • Mata berair dan gatal
  • Muntah
  • Batuk
  • Diare
  • Sesak napas
  • Mengi atau bengek

 

Namun, gejala-gejala ini juga perlu disertai dengan adanya kecurigaan terhadap alergen tertentu dan adanya riwayat alergi, asma, dan eksim dalam keluarga.

Jika reaksi anafilaksis muncul saat tidak berada di rumah sakit, segera hubungi dokter atau kunjungi IGD terdekat agar bisa secepatnya diberikan penanganan dan tes alergi.

Tes alergi adalah prosedur untuk mengetahui apakah pasien memiliki reaksi alergi terhadap zat atau benda tertentu.

Jangan Khawatir Untuk Penanganan RSU Kaliwates punya layanan baru untuk Tes Alergi Untuk anak- anak dan orang dewasa dengan harga yang terjangkau untuk informasi lebih lanjut serta info layanan lainya silahkan hubungi kami.

Salam sehat !.